Cara Membuat Bootable OS Windows dengan Flashdisk dan Command Prompt

Cara Membuat Bootable OS Windows dengan Flashdisk dan Command Prompt

Semakin kesini harga flashdisk semakin murah. Walaupun masih bervariasi, tergantung tempat dan kapasitas flashdisk yang kita beli. Kemampuannya yang bisa digunakan untuk menulis file berkali-kali pada flashdisk yang menjadikannya sebagai alat penyimpanan data. Flashdisk juga bisa disebut sebagai pengganti CD/DVD bootable sistem operasi, karena lebih efisien dan lebih hemat jika harus menginstall berbagai macam sistem operasi. Nah kali ini saya akan membagikan Cara Membuat Bootable OS Windows dengan Flashdisk (dengan bantuan) Command Prompt. Oke langsung aja ya:
1.       1. Siapkan sebuah flashdisk kosong yang masih berfungsi. Saya sarankan kapasitas minimal 8 GB karena ukuran file ISO Windows sudah ada yang menembus ukuran 4 GB. Langsung tancapkan ke port usb.
2.      2. Tekan logo windows + R di keyboard, ketik CMD atau bisa start, cari cmd / command prompt
Jika sudah masuk command prompt, ketik “diskpart” enter


4.       3. Tunggu sampai jendela diskpart.exe muncul. Setelah itu ketik “list disk” untuk melihat flashdisk yang akan dibuat bootable.

5.       Disini saya memakai flashdisk 32 GB. Maka ketik ”select disk 1”.
Pada step ini flashdisk yang akan dibuat bootable tidak selalu disk 1. Untuk mudah nya lihat saja “Size” nya

6.       Ketik “clean” untuk membersihkan flashdisk dari file yang ada

7.       Ketik “create partition primary” agar flashdisk menjadi partisi primary


8.       Ketik “active” untuk mengaktifkan partisi

9.       Ketik “format fs=fat32 label=windows quick” untuk memformat flashdisk. Tulisan “windows” pada label bisa diubah sesuai keinginan kamu. Tambahkan kata quick agar proses format berjalan cepat.

10.   Jika sudah selesai memformat, silakan keluar dari diskpart.exe dan cmd

11.   Langkah terakhir, copy semua ISI file ISO Windows, paste kan pada flashdisk yang sudah dibuat bootable. Jangan lupa isinya yang dicopy yaa. Jangan file ISO nya langsung dicopy


12.   Jika icon flashdisk nya sudah berubah sesuai icon file iso nya, itu berarti flashdisk nya sudah selesai dibuat bootable dan sudah siap digunakan untuk menginstal Windows di PC atau laptop kamu

Nah kira-kira seperti itu untuk Cara Membuat Bootable OS Windows dengan Flashdisk dan Command Prompt. Menurut saya cara itu merupakan cara yang cukup mudah, karena tidak memerlukan software tambahan, cukup menggunakan software bawaan windows.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Membuat Bootable OS Windows dengan Flashdisk dan Command Prompt di blog Anand's Blog jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang baik.

Blog walking?? silahkan taruh link di komentar yaa :D